Minggu, 04 Desember 2011

Maulid Adh-Dhiya Ullami (Cahaya Yang Terang Benderang)



Kitab Maulid Adh-Dhiyaul Lami’ merupakan Kitab yang disusun oleh Al-Musnid Al-Habib Umar bin Muhammad Al-Hafizh. Inilah Kitab Maulid mutakhir yang penyusunnya masih dapat kita jumpai untuk dimintai ijazahnya atau bisa juga kita minta ijazahnya melalui murid-murid beliau, seperti Al-Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa, Al-Habib Jindan bin Novel dan Al-Habib Ahmad bin Novel.


Disuatu malam Guru Mulia (Al Musnid Habib Umar bin Hafidh) memanggil salah seorang muridnya, lalu diperintahnya membawa pena dan kertas, seraya berkata : “Tulis..”, lalu beliau mengucapkan maulid dhiya’ullami itu mulai sepertiga malam, dan sebelum waktu subuh telah selesai.

maulid itu sangat mulia, karena angka angka nya pun menuliskan sejarah nabi saw, anda dapat meilhat bait bait shalawat pembukanya berjumlah 12 yg melambangkan kelahiran Nabi saw yg tanggal 12 rabiul awal.

lalu alinea pertamanya dipadu dari 3 surat, yaitu surat Alfath, surat Attaubah dan Surat Al Ahzab. 3 surat ini melambangkan kelahiran nabi saw adalah pada Bulan tiga, yaitu rabiul awal, dan bila anda menghitung baitnya mulai alinea pertama hingga Qiyam jumlahnya 63 yaitu melambangkan usia beliau 63 tahun, maulid itu angka angka nya pun memperhitungkan sejarah nabi saw, tahun Hijrah beliau saw, jumlah sahabat dll.

beliau memang ahli bahasa, syairnya bukan hanya Maulid Dhiya’ullami’, namun lebih dari seribu alinea syair telah diterbitkan dari ucapan beliau, kalau dijumlahkan mungkin sudah ratusan ribu bait.

beliau digelari pula Almusnid, yaitu setiap menyebut hadits beliau mampu / hafal menyebut sanadnya hingga Rasul saw atau kutubusshahih.

1 komentar:

  1. mohon maaf mbak,
    knapa bagrond wallpapernya jejak kaki ( kucing apa anjing tuh )

    BalasHapus