Minggu, 22 Januari 2012

Pengertian Surat - Mail Handling


Berikut pengertian surat menurut beberapa para ahli seperti di bawah ini yaitu sebagai berikut :
§  Surat sebagai suatu sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Dengan lebih jelasnya..
§  Surat adalah alat komunikasi tertulis untuk menyampaikan pesan kepada pihak lain yang memiliki persyaratan khusus yaitu penggunaan kertas, penggunaan model/bentuk, penggunaan kode dan notasi, pemakaian bahasa yang khas serta pencantuman tanda tangan. (Agus Sugiarto, 2005:2)

Menurut Yose Rizal
§  “Surat sebagai alat untuk menyampaikan suatu maksud secara tertulis atau sebagai jenis komunikasi tulisan”. (2003:2)
§  Surat adalah alat komunikasi tertulis atau sarana untuk menyampaikan pernyataan maupun informasi secara tertulis dari pihak satu ke pada pihak yang lain. (Ys. Marjo, 2000:15).

Menurut Pratama
§  Surat merupakan alat atau sarana untuk mengambil pernyataan atau mengambil informasi secara tertulis dari pihak yang satu kepihak yang 9 lainnya, baik atas nama sendiri, jabatan yang disandang dari suatu instansi perusahaan atau organisasi”. (1997:1)

Dari beberapa para ahli di atas yang menjelaskan pengertian surat, maka dapat disimpulkan bahwa surat adalah bentuk komunikasi yang berupa tulisan untuk menyampaikan sesuatu dari hal yang sangat penting hingga biasa, dilakukan dari satu pihak kepada pihak yang dituju.
a)      Surat adalah media komunikasi secara tertulis untuk disampaikan kepada pihak lain dalam rangka mendapatkan pengertian dan kerjasama antara kedua belah pihak
b)      Surat adalah suatu pernyataan bahasa tertulis, untuk menyampaikan suatu informasi atau keterangan dari satu pihak kepada pihak lain.
c)      Surat adalah alat penyampain informasi atau keterangan2 (keputusan, pernyataan, pemberitahuan, permintaan dsb) secara tertulis dari satu pihak ke pihak lain.
d)      Menurut A.S FAWZI dalam bukunya Pelajaran Korespondensi: alat bagi kita untuk menyampaikan berita, memanjakan sesuatu hal atau meminta sesuatu barang.
e)      Surat menurut S. HIDAJAT dalam bukunya Pembimbing Administrasi dan surat menyurat sehelai kertas atau lebih dimana dituliskan suatu pernyataan atau berita atau sesuatu yang hendak orang nyatakan, beritakan atau dinyatakan kepada orang lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar