Minggu, 22 Januari 2012

Lagu Mandarin Beserta Profil Penyanyi


Andy Lau and Kelly Chen - Wo Bu Gou Ai Ni
Andy Lau (Liú Dé Huá) 刘德 & Kelly Chen (Chén Huì Lín) 陈慧琳 - Wǒ Búgòu Ài Nǐ 我不够爱你 Ku Tak Cukup Mencintaimu




wǒ xiǎng wǒ búgòu ài nǐ
kurasa ku tak cukup mencintaimu
我想我不够爱你

wǒ bùcéng wàngle zìjǐ
ku tak pernah lupa diri ini
我不曾忘了自己

méi nàme quánxīn tóurù
tak begitu terlibat sepenuh hati
没那么全心投入

suǒyǐ huì yíbàitúdì
sehingga mengalami kekalahan besar
所以会一败涂地

wǒ xiǎng wǒ búgòu ài nǐ
kurasa ku tak cukup mencintaimu
我想我不够爱你

wǒ wàngle nǐ de yòngqíng
ku telah lupakan kesungguhanmu
我忘了你的用情

méi bànfa chónglái yícì
tak bisa ulangi sekali lagi
办法重来一次

yě zhǐhǎo tīngtiānyóumìng
hanya dapat pasrah pada takdir
也只好听天由命

bùnéng zài méiyǒu yuèliang de yèli
tak dapat berada pada malam tak berbulan
不能在没有月亮的夜里

yě bùnéng qīngyì de bìshàng yǎnjing
juga tak dapat menutup mata dengan mudah
也不能轻易的闭上眼睛

yīnwèi nǐ huì chūxiàn
karena kau dapat muncul
为你会出现

zài tiānkōng huò xīnli
di langit atau di dalam hati
在天空或心里

bùnéng zài yíwàngwújì de dìfang
tak dapat berada di tempat yang melewati horison
不能在一望无际的地方

yě bùnéng cuànjìn nà yōngjǐ rénqún
juga tak dapat menyelinap ke kerumunan orang
也不能窜进那拥挤人群

yīnwèi jì bú jìmò
karena kesepian ataupun tidak
为寂不寂寞

dōu huì tíxǐng wǒ
tetap dapat menyadarkanku
都会提醒我

wǒ shīqù le
ku telah pergi
我失去了

wǒ búgòu ài de nǐ
ku tak cukup mencintaimu
我不够爱的



Profil Andy Lau
Description: Andy LauNama                                    : Andy Lau Tak-Wah
Nama Tionghoa                                :  劉德華 (Tradisional)
Nama Tionghoa                                : 刘德 (Sederhana)
Pinyin                                    : Liú Déhuá (Mandarin)
Nama lahir ((Tionghoa)): (劉福榮)
Leluhur                                 : Xinhui, Guangdong
Jenis Kelamin                     : Laki-Laki
Tempat, Tanggal Lahir    : Hong Kong, 27 September 1961
Asal                                        : Description: Flag of Hong Kong 1959.svgHong Kong
Nama lain                            : Wah Zai (華仔), Lau Wah (劉華), Ngau Wah (牛華;牛=bull)
Pekerjaan                           : Penyanyi Aktor Produser film Presenter
Genre                                   : Cantopop, Mandopop
Instrumen                           : Vokal
Label(s)                                : Focus Music (1985-1991) Sony BMG Music Entertainment (1991-present)
Tahun aktif                         :  1982 – sekarang

Biografi :

PERSONAL
Andy Lau dikenal sebagai penyanyi dan aktor film Asia asal China. Debut aktingnya sejak 1980-an, saat berperan dalam film serial TV yang disiarkan stasiun TVB, HUNTING (1982). Menyusul kemudian di tahun yang sama, ia membintangi BOAT PEOPLE.

Pada 1983, Lau juga terkenal dengan perannya sebagai Yang Guo (Yoko) dalam serial THE RETURN OF THE CONDOR HEROES. Lewat film itu juga akhirnya ia dipercaya membintangi film produksi Shaw Brothers, ON THE WRONG TRACK.

KARIR
Lau dalam sejarahnya telah membintangi ratusan film yang diedarkan ke Asia. Peran besarnya juga ditunjukkan saat membintangi KING OF GAMBLERS. Menyusul kemudian film A FIGHTER'S BLUE (2000) dan RUNNING OUT OF TIME (2000).

Sementara karirnya di dunia musik, diawali pada 1985, saat mendapat kontrak menyanyi musik daerah Hongkong. Ia tergolong sukses, sejajar dengan Jacky Cheung, Aaron Kwok, dan Leon Lai. Sehingga mereka juga disebut sebagai The Cantopop Four Heavenly Kings.



Profil Kelly Chen
Kelly Chen (bahasa Tionghoa: 陳慧琳) (lahir sebagai Vivian Chen Wai Man / 陳慧汶 pada 13 September 1972 di Hong Kong) adalah seorang penyanyi dan aktris terkenal di Hong Kong. Dia juga dipanggil Kelly Chan, Chen Wai-Lam, Chen Hui Lin dan Chen Wai Lun. Di Konser love fighters, Kelly chen, mengungumnkan akan menikah dengan pacarnya (Alex Lau) yang sudah berpacaran lebih dari 15 tahun. Pada tangal 2 Oktober Kelly chen secara resmi telah menikah, resepsi diadakan di HongKong Intercontinental Hotel.

Karier

Biografi

Chen adalah marga dari orang tua. Wai adalah nama yang diturunkan orang tua untuk Kelly dan kakak perempuannya. Lum diberikan oleh seorang peramal karena nama aslinya (Chen Wai 'Man') kurang unsur kayu. Walaupun Kelly bukan orang yang percaya hal mistis, Kelly yang mempunyai tinggi 173cm ini, tetap menggunakannya karena tidak ingin mengecewakan orang di sekitarnya.
Terlahir sebagai anak ke 2 dari 3 bersaudara, anak perempuan ke-2, Kelly bersekolah dasar di Hong Kong. Sekolah Menengah diteruskan ke Akadame Kanada Kobe di Jepang. Sekolah ke Jepang adalah keinginan ayahnya agar Kelly menguasai bahasa Jepang, walaupun hal ini saat itu membuatnya kecewa.
Selama di Jepang, Kelly mengalami masa-masa sulit beradaptasi di mana dia tinggal di hostel perempuan. Guru Kesenian-nyalah yang pertama kali menemukan bakat Kelly di bidang seni. Karena usaha dari Guru Kesenian tersebut, Kelly meraih Penghargaan Seni yang hanya diberikan kepada 1 orang murid setiap tahunnya. Guru inilah yang mendukung Kelly untuk meneruskan kuliah saat umur 17 tahun ke Amerika Serikat, dan karenanya Kelly harus meninggalkan cinta pertamanya yang baru terjalin beberapa bulan sebelumnya.
Sekolah di Amerika Serikat adalah apa yang diimpikannya. Kelly menyukai New York setelah menonton "An Autumn's Tale", sebuah film yang mengambarkan Amerika secara menarik. Ada rasa takut ketika meminta persetujuan orang tua untuk meneruskan ke sekolah kesenian. Tetapi rasa takut itu pupus setelah orang tuanya menyetujui. Amerika berbeda dengan Jepang, di mana Kelly tidak begitu merasa di-diskriminasi. Selama kuliah di Parsons School of Design di Kota New York mendalami Desain Grafis, Kelly yang hobi membaca sejak kecil menyukai novel "Love Story In The City". Tetapi hal ini berubah karena Kelly ingin membuat dirinya gembira. Untuk itu Kelly mulai menyukai Komik.
Semasa libur musim panas, Kelly pulang ke Hong Kong mencari pekerjaan untuk mengisi liburan. Kebetulan, teman Mama-nya mempunyai Rumah Produksi. Karena tidak ada lowongan di sana, Kelly diminta casting dan Kelly terpilih untuk ikut dalam video rekaman lagu Jacky Cheung. Inilah awal perkenalan Kelly dengan dunia hiburan. Sebulan kemudian, Kelly mendapat kesempatan syuting iklan di Shanghai, sebuah kota favoritnya di samping kota New York.
Film pertama penggemar warna merah dan merah muda ini adalah "Whatever Will Be Will Be" bersama Aaron Kwok. Walaupun diliputi rasa cemas akan ketidakmampuannya untuk berperan dengan baik, akhirnya film pertamanya dapat terselesaikan dengan baik. Film berikutnya "Lost and Found", Kelly berperan sebagai seorang gadis pengidap leukimia yang sedang menanti hari-hari terakhir. Film ini menyentuh hati Kelly dan mendorong Kelly untuk senantiasa menghargai hidup dan tidak melukai diri sendiri. Karena itulah Kelly tidak menyukai olahraga yang berbahaya bagi diri sendiri seperti ski.
Selain berakting, Kelly yang suka makan mi instan ini juga suka menyanyi. Lagu kesukaannya adalah "It's Non Of Your Business" dan "As for Who Wishes To Release". Setelah album "After Charming Lover", Kelly membuat album Mandarin pertamanya "I Don't Think So". Album ini terdiri dari 11 lagu dan hanya lagu "I Had Rather Not Remember" yang berbahasa Kanton. Semua usaha yang dilakukannya di Asia membawanya ke dapur rekaman lagu Jepang di bulan Juni tahun yang sama. Perusahaan rekaman menilai "Charming Lover" adalah lagu yang bagus dan ingin menerjemahkannya ke bahasa Jepang. Walaupun sudah 4-5 tahun tidak berbicara dalam bahasa Jepang, Kelly merasa mengembalikan kemampuan berbahasa Jepangnya tidaklah begitu sulit.
Dalam kehidupan, Kelly yang menguasai bahasa Kanton, Inggris, Mandarin, dan Jepang ini mengharapkan semuanya berjalan lancar dan kemampuan akan bertambah sesuai kematangan. Sangat banyak penghargaan yang telah diraihnya selama berkarier dari tahun 1995 sampai sekarang. Penghargaan prestisius terakhir digapainya adalah: "2005 TVB8 Mod Music Awards Presentation" sebagai "Mainland China’s Most Popular Female Singer", "World’s Most Popular Cantonese Song Award: Hope" dan "Mandarin Song Award: Hope", serta "2005 TVB Jade Solid Gold Awards Presentation" untuk "Top Ten Gold Songs Award: Hope rd", "Asia Pacific Most Popular Female Singer Award", dan "Most Popular Ad Song Silver Award: Perfect Relations"
Beberapa album musik terakhir yang sangat populer diantaranya: "Eternal Sunshine", "Kelly Stylish Index" dan "Grace and Charm".
Pada tahun 2008 ini di bulam maret kelly chen akan merilis film terbarunya "An empress and the warriors" kemudian juga menggelar konser pada bulan juni awal, yang dirumorkan sebagai konser terakhir dari Kelly chen.
Selepas menamatkan pengajian di Parsons, Kelly kembali ke tanahairnya di Hong Kong untuk bersama dengan keluarga. Bakat Kelly menarik perhatian seorang ejen yang kemudiannya memberinya peluang untuk muncul dalam filem pertamanya ‘Whatever Will Be, Will Be (Xian Le Piao Piao) pada tahun 1995. Pada masa sama Kelly turut diberi peluang untuk menyanyikan lagu soundtrack filem tersebut. Kelly kemudiannya melancarkan album kantonese pertamanya ‘Dedicated Lover’ (Zui Mi Qing Ren). Album tersebut mendapat sambutan yang mengalakkan di Hong Kong sekaligus menaikkan kariernya sebagai penyanyi dan pelakon. Pada September 1995, Kelly telah mempersembahkan lagu ‘Mou Tian’ yang digubah oleh pengubah lagu terkenal iaitu Steve Barakatt. Pada May tahun 1996, Kelly tampil dengan ablum Mandarin pertamanya ‘I don’t Think So’ (Wo bu Yi Wei) di China, Taiwan, Malaysia dan Singapura. Sejajar dengan kejayaan dari album itu, Kelly merakamkan sebuah album Kantonese pada October 1996 ‘Wind, Flower, Snow’ (Feng Hua Xue). Kelly kemudiannya berlakon dalam dua buah filem pada tahun 1996 dengan gandingan bersama Takeshi Kaneshiro dan Michael Wong. Pada tahun 1996 juga Kelly tampil sebagai penyanyi Jepang apabila berjaya melancarkan dua album single Jepang.
Pada tahun 1997, Kelly telah mengadakan konsert pertamanya ‘Starry Dream of Love’ (Xing Meng Qing Zhen) dan melancarkan CDnya pada bulan Jun. Pada bulan Julai, Kelly tampil dengan sebuah lagi album single Jepang ‘Morning’ yang menjadi hit seterusnya. Kelly juga memainkan suara untuk peranan Madame Trunk dalam filem ‘A Chinese Ghost Story’. Dalam tempoh lima bulan Kelly telah menlancarkan empat buah album masing-masing ialah album Mandarin keduannya ‘Insight’ (Ti Hui), penyusunan semula lagu ‘Kelly’s Best Collection 97’, CD rakaman langsung ‘Starring Dream of Love Live In Concert’, dan album Contonesenya ‘A Movie’ (Yi Chu Xi), Kelly berjaya menaikkan namanya sebagai penyanyi dan pelakon terkenal.
Pada tahun 1998, Kelly memulakan Konsert Bergerak bermula dari Australia. Selain daripada Konsert Bergerak, Kelly juga mengadakan 10 konsert untuk sepuluh buah sekolah di Taiwan. Pada September tahun 1998, Kelly tampil dengan muzik video pertamanya ‘Love Me Or Not’ di Taiwan yang kemudiannya mendapat siaran meluas di seluruh siaran televisiyen di dunia. Peminat Kelly melonjak naik apabila Kelly muncul sebagai pelakon utama dalam drama televisyen ‘Don’t be a Cry Baby’ dengan gandingan bersama pelakon Jepang Kyoko Fukada disamping mengadakan dua konsert di Fukuoka, Jepang pada tahun 1999.
Selepas menlancarkan dua buah album remix ‘Kelly BPM Collection’ pada bulan Mac tahun 2001, Kelly memulakan sebuah lagi Konsert Bergerak ‘Paisley Galaxy World Tour’, yang bermula di Singapura. Pada bulan Mei, Kelly tiba di Amerika Utara dan mengadakan konsertnya di Chicago, Atlantic City, Los Angeles dan Toronto yang merupakan sebahagian daripada Konsert Bergeraknya. Kelly kemudiannya kembali ke China untuk mengadakan persembahannya di Guangzhou, HuiZhou dan Zhongshan.
Pada tahun 2005, lagunya yang berjudul ‘Hope’ dari drama siri TV Korean Dae Jang Geum menaikkan lagi nama Kelly ke industry Contopop apabila lagu terbabit mendapat sambutan yang mengalakkan dari Hong Kong dan China. Lagu itu sekaligus telah menambahkan lagi pendapatannya. Kelly berjaya meraih tiga anugerah dalam TVB 8 Awards Presentation bagi lagu ‘Hope’ iaitu Anugerah Lagu Terbaik, Lagu Cantonese Paling Popular Dunia dan Penyanyi Perempuan Kesukaan di China. ‘Hope’ juga merupakan lagu popular bagi 20 stesen radio di China serta juga berjaya mencatat rekord tinggi muat turun nada ring. Sebulan selepas perlancaran, muat turun telah mencatat jumlah sebanyak 3 juta kali dan sehingga hari ini ia dianggarkan mencecah 6 juta kali. Ini telah membantu syarikat rakamannya memperolehi pendapatan $5 juta selepas penolakkan segala belanja. Pengarah Urusan Universal Music Group’s telah menghubungi Kelly berhubung berita baik itu. Kelly turut berjanji untuk membahagikan pendapatannya kepada kakitangan sekirannya muat turun lagu itu boleh melebihi 10 juta.
Kelly juga mengakhiri konsert bergeraknya, ‘Lost In Paradise’ pada tahun 2005 di Asia dan tahun 2006 di United States. ‘Lost In Paradise’ berakhir dalam tempoh tiga jam merangkumi 35 buah lagu Kelly sepanjang 10 tahun dalam dunia arena muziknya. Antara lagu hit termasuk ‘Phone Kill Order’, ‘Shake Shake’ dan ‘Care About You Too Much’ Vanness Wu merupakan tetamu undangannya bagi konsert di Las Vegas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar